Rabu, 26 Oktober 2011

09# Belajar Moral Dan Arti Hidup dari Kimia

Hidup seseorang merupakan pilihan, jika kita memilih untuk menjadi pecundang, maka mudah saja, yang harus kita lakukan cukup melakukan sesuatu sesuka hati, tanpa memperdulikan orang lain. Tapi untuk menjadi orang yang sangat berarti, hidup sesungguhnya, kita harus tahan dihina, disindir, tahan banting, bekerja keras, tabah, tawakal, ikhtiar, dan mandiri. Kuncinya adalah sabar, Betapa susahnya menjadi seseorang dengan kehidupan yang berarti.
Dalam materi kimia yang diajarkan oleh Bu Es
tri
, guru kimia di SMAN 1 Banjarnegara, kita mempelajari unsur-unsur suatu benda, Intan dan Arang, merupakan suatu benda dengan Unsur-Unsur bahan penyusun sama, namun kenapa kedua nya jauh berbeda dimata kita ?, Intan, sesuatu barang yang dinilai mahal, bernilai tinggi, bahkan sangat langka dan diminati banyak orang. Sedangkan yang satu lagi, Arang, tak semua orang membutuhkanya, bahkan beberapa orang enggan menyentuhnya..
Singkat saja, untuk membuat arang, yang hanya diperlukan hanyalah kayu bakar dan api, kayu dibakar beberapa menit sudah mennjadi orang, Sementara untuk membuat Intan, yang diperlukan adalah Kesabaran, untuk membuatnya, diperlukan waktu bertahun-tahun, dengan prosedur yang rumit, intan dibakar, didinginkan berkali-kali, proses pembuatanya pun harus sangat teliti.
Subhanallah , betapa Agung Allah SWT, Dia membuat kehidupan yang sangat adil. Adil bukan berarti sama, tapi sesuai porsi.
Orang yang melakukan sesuatu dengan sesukanya sendiri, maka Allah juga akan memperlakukanya Sesuka Hati.

#05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar